Find Us On Social Media :

Materi Kelas 6 SD: Alasan Mengapa Pertanian Jadi Sektor Utama Mata Pencaharian di Thailand

Materi Kelas 6 SD: Alasan Mengapa Pertanian Jadi Sektor Utama Mata Pencaharian di Thailand

GridKids.id - Kids, pada pembahasan kali ini kita akan bahas materi tematik kelas 6 SD yaitu tentang negara Thailand.

Kamu akan mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya di bawah ini. Namun sebelumnya, simak dulu materi tentang fakta menarik dari negara Thailand. Negara Thailand merupakan salah satu negara yang menjadi sektor pertanian. Adapun beberapa fakta menarik negara Thailand, yaitu: 1. Thailand merupakan negara yang berbatasan dengan Laos, Myaar, Kamboja dan Malaysia. 2. Sungai Chao Praya adalah salah satu sungai terbesar di Thailand yang menjadi daerah tersubur. 3. Memiliki tanah yang subur dan iklim tropis yang menjadikan negara ini sebagai sektor utama mata pencaharian di negara Thailand. Thailand juga dijuluki sebagai Lumbung Padi ASEAN karena menjadi pengekspor dan penghasil beras terbesar di Asia Tenggara. Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Kenapa Thailand Dijuluki sebagai Negara Lumbung Padi ASEAN?

Sektor lainnya juga termasuk sektor pariwisata, lo. Hal ini juga dikarenakan Thailand yang memiliki berbagai pantai indah di Phuket dan Phattaya. Negara ini juga memiliki tiga julukan yaitu, Negeri Gajah Putih, Negara Seribu Pagoda dan Rumah Rakyat Merdeka.

Lalu, kenapa diberi julukan seperti yang disebutkan di atas? Julukan Negeri Gajah Putih di Thailand dianggap sebagai hewan yang suci. Untuk julukan Negara Seribu Pagoda diberikan karena terdapat banyak pagoda di Thailand. Pagoda sendiri merupakan tempat untuk beribadah para umat Budha yang merupakan agama mayoritas yang dianut oleh penduduk Thailand. Sementara itu, disebut sebagai Rumah Rakyat Merdeka karena Thailand belum pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Contoh Soal Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Nonfiksi 'Dampak Rotasi Bumi', Kelas 6 SD Tema 8

1. Mengapa pertanian menjadi sektor utama untuk mata pencaharian penduduk Thailand? Jawab: - Thailand memiliki tanah yang subuh dan beriklim tropis sehingga dapat menjadi lahan pertanian yang subur. - Thailand merupakan negara dengan julukan Lumbung Padi ASEAN karena produksi berasnya yang sangat besar. - Memiliki kondisi tanah yang subur dan beriklim tropis, masyarakat Thailand lebih memilih pertanian jadi sektor utama untuk mata pencaharian. Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD tentang negara Thailand yang dikenal pertaniannya yang menjadi sektor utama mata pencaharian.

Baca Juga: Materi TIK tentang Mengunggah File Gambar dan Presentasi, Kelas 6 SD Tema 9

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia