Find Us On Social Media :

Mengenal Teks Tanggapan: Pengertian, Fungsi, serta Strukturnya

Teks tanggapan: pengertian, fungsi-fungsi dan strukturnya.

GridKids.id - Pembahasan kali ini kita akan membahas tentang teks tanggapan yang meliputi pengertian, fungsi hingga strukturnya. Apakah kamu tahu apa itu teks tanggapan? Teks tanggapan juga biasa disebut sebagai teks tanggapan kritis yang berisi tentang pendapat seseorang. Pendapat di dalamnya berupa kritikan, tanggapan, atau pujian terhadap sesuatu hal, misalnya karya seseorang, fenomena sosial, lingkungan dan peristiwa. Permasalahan yang dibahas teks tanggapan ini biasa berupa kritikan tentang kesalahan atau isu-isu yang terjadi pada masyarakat. Selain mengkiritk kesalahan atau isu, teks tanggapan juga dibuat untuk menanggapi karya sastra, berita, artikel maupun film.

Teks tanggapan juga memberi pandangan terhadap suatu hal, baik untuk mendukung atau menolak dengan argumen yang jelas, sopan, obyektif dan logis. Informasi di dalam teks tanggapan ini juga dapat menjadi saran untuk membangun.

Adapun fungsi-fungsi dan struktur teks tanggapan seperti berikut ini.

Baca Juga: Menjawab Pertanyaan dari Teks 'Kain Tenun Ikat Flores', Materi Kelas 4 SD Tema 7

Fungsi Teks Tanggapan Teks tanggapan memiliki beberapa fungsi, yaitu: 1. Memberikan kritik yang membangun yang digunakan untuk membantu suatu hal agar dapat menjadi lebih baik. 2. Mengapresiasi karya atau suatu hal yang dikerjakan seseorang secara detail dan jelas. 3. Memberi saran pada suatu persoalan melalui cara yang terarah, sistematis dan terbaik. Sehingga, pujian atau kritikan enggak terasa semu dan dapat dipertanggungjawabkan. 4. Sarana dari hal yang ditanggapi agar sesama pemuji atau pengkritik dapat berdialog dengan lebih baik lewat konteks, deskripsi dan penilaian yang diberi teks tanggapan. Struktur Teks Tanggapan Teks tanggapan memiliki 3 struktur, yaitu: 1. Evaluasi Baca Juga: Teks Eksplanasi: Pengertian, Struktur, dan Ciri-cirinya, Bahasa Indonesia SMA Kelas 11

Evaluasi merupakan bagian awal dari teks tanggapan kritis. Evaluasi juga berisi tentang pernyataan-pernyataan umum yang berhubungan dengan permasalahan yang disampaikan oleh penulis. 2. Deskripsi Deskripsi merupakan bagian yang berisikan informasi yang berkaitan dengan alasan untuk mendukung atau menolak pernyataan.

Deskripsi teks berada di bagian tengah dari teks tanggapan. 3. Penegasan Penegasan adalah pernyataan yang berisikan tentang penegasan ulang atau kesimpulan dan saran terhadap sesuatu hang telah diputuskan oleh penulis pada teks tanggapan. Hal ini juga berarti penegasan memuat gambaran umum pendapat penulis tentang persoalan yang ditanggapi. Itulah pembahasan tentang teks tanggapan yang meliputi pengertian, fungsi-fungsi hingga strukturnya.

Baca Juga: Mencari Tahu Definisi Teks Eksemplum dan Struktur Teks serta Kaidah Kebahasaannya

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.