Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Kado Ulang Tahun Ibu', Kelas 6 SD Tema 9

Materi tematik kelas 6 SD tema 9, kunci jawaban dari cerita fiksi berjudul 'Kado Ulang Tahun Ibu'.

GridKids.id - Kids, pada materi tematik kelas 6 SD tema 9 kali ini, kita akan membahas tentang cerita fiksi.

Dalam subtema 3 halaman 191, kamu akan membaca sebuah karangan fiksi lalu mengerjakan contoh soalnya. Cerita fiksi atau karangan fiksi ditulis oleh setiap pengarangnya dan bisa saja memiliki persamaan atau perbedaan dari pengalaman pribadi. Hal ini dikarenakan cerita fiksi yang biasanya terinspirasi dari kisah atau apa yang dialami oleh penulis dalam kehidupan sehari-hari.

Inspirasi tersebut dapat diolah menjadi sangat kreatif agar dapat menarik pembacanya. Agar kamu dapat mengetahuinya lebih lanjut, bacalah cerita fiksi di bawah ini secara saksama lalu kerjakanlah soalnya! Cerita Fiksi 'Kado Ulang Tahun Ibu' Oleh Diana Karitas Tsaqif termenung pagi ini di kelasnya yang masih sepi. Tsaqif memang biasa datang pagi ke sekolah. Namun, biasanya ia akan main bola di lapangan sekolah dengan atau tanpa teman. Ia memang suka bermain bola. Amir yang datang kemudian memerhatikannya dengan heran. Tidak biasanya, pikir Amir.

Baca Juga: Materi Kelas 6 Tema 7: Penerapan Nilai Ketuhanan dalam Kehidupan Sehari-hari

“Selamat pagi, Tsaqif,” sapa Amir. “Nampaknya ada yang sedang kamu pikirkan, ya?” tanya Amir. Amir dan Tsaqif berteman cukup dekat. Mereka juga anggota tim sepak bola di sekolahnya.  “Oh, selamat pagi, Mir. Iya nih, aku sedang memikirkan kado apa yang akan kupersembahkan untuk ibuku. Ibu hendak ulang tahun minggu depan. Kali ini aku ingin memberikan sesuatu untuk beliau, tapi aku bingung. Kira-kira apa yang bisa aku berikan, ya Mir?” tanya Tsaqif.  “Wah, aku juga pernah seperti itu ketika harus mencari kado untuk ibuku. Yang aku tahu, ya Qif.Ibu paling suka sesuatu yang dibuat oleh anaknya sendiri! Ibuku terharu sampai menangis ketika aku hanya memberikan kartu ucapan uang tahun yang aku buat sendiri untuk beliau,” cerita Amir.  “Wah, idemu menarik, Mir!” kata Tsaqif dengan mata berbinar. “Terima kasih, Mir! Aku tahu apa yang akan kuberikan untuk ibuku! Yuk, kita main bola, yuk! Masih ada waktu sebelum mulai pelajaran pagi ini,” ajak Tsaqif bersemangat.Pada saat jam istirahat, Tsaqif bergegas menemui Pak Barno, guru kelasnya. Setelah berbincang sebentar, keduanya berjalan beriringan menuju ruang guru. Tak berapa lama, Tsaqif membawa sesuatu di tangannya. Ia tampak gembira, lalu mendekati Amir yang sedari tadi menunggunya di depan kelas.  “Mir, aku sudah mendapatkan sesuatu untuk ibuku. Pasti beliau senang sekali,” jelas Tsaqif riang.

Baca Juga: Macam-Macam Perbedaan Alat Transportasi Air dan Udara? Kelas 6 SD Tema 9

“Wah, cepat sekali, Qif? Boleh aku tahu benda apa yang akan kamu berikan untuk ibumu?” tanya Amir tidak sabar.“Hmmm. Sebenarnya ini kejutan untuk ibuku, tapi karena kamu yang membantuku mendapatkan ide ini, bolehlah aku beri tahu kamu. Tapi nanti bantu aku membungkusnya, ya!” kata Tsaqif. Lalu, ia membuka kertas koran yang digunakannya untuk membungkus benda itu.  “Wah, hebat! Ide yang keren! Ini kan patung konstruksi dari kaleng bekas yang kamu buat beberapa minggu lalu! Dan tahukah kamu, bahwa patung yang kamu buat ini memang bagus sekali. Pasti Ibumu suka,” kata Amir tak kalah gembira. “Ah, jadi ini yang kamu bicarakan dengan Pak Barno tadi, ya?” selidik Amir.  “Betul! Aku mengatakan sejujurnya kepada Pak Barno untuk meminta patung yang pernah aku buat itu untuk dijadikan sebagai hadiah ulang tahun Ibu. Karena patung ini sudah dinilai, dan minggu depan akan dibagikan ke kita semua, maka Pak Barno tidak keberatan aku memintanya lebih dulu. Hanya Beliau berpesan agar aku membungkusnya dengan rapi, supaya teman-teman lain tidak berbondong-bondong datang kepada Beliau meminta patung buatan mereka,” tawa Tsaqif.Contoh Soal 1. Jelaskan apa saja persamaan dan perbedaan cerita fiksi di atas dengan peristiwa yang pernah kamu alami! Jawab:- Persamaan: jawabannya dapat disesuaikan dengan pengalaman pribadimu. Misalnya, jika dalam cerita diceritakan Tsafiq sedang memberi hadiah ulang tahun untuk ibunya, sedangkan kamu juga pernah memberi kado untuk ibu pada peringatan Hari Ibu.

Baca Juga: Perkembangan Alat Transportasi Zaman Dulu dan Sekarang Lewat Cerita Fiksi, Kelas 6 SD

- Perbedaan: misalnya, saya enggak membuat hadiah yang diberikan pada ibu tetapi, saya membeli hadiah dari uang saku yang saya kumpulkan setiap hari.

Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 tentang kunci jawaban dari cerita fiksi berjudul 'Kado Ulang Tahun Ibu'.

Baca Juga: Apa Saja Dampak Modernisasi pada Alat Transportasi Air dan Udara? Kelas 6 SD Tema 9

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.