Find Us On Social Media :

Macam-Macam Perbedaan Alat Transportasi Air dan Udara? Kelas 6 SD Tema 9

Apa Saja Perbedaan Alat Transportasi Air dan Udara? Materi Kelas 6 SD Tema 9

 

GridKids.id - Pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 kali ini kita akan bahas tentang perubahan transportasi udara dan air. Tepatnya pada halaman 174, subtema 3 kamu akan mengerjakan soal setelah membaca materinya. Transportasi air merupakan alat transportasi yang digunakan di air, dan transportasi udara digunakan di udara. Transportasi air dan udara saat ini merupakan perkembangan transportasi air dan udara sebelum era modernisasi. Nah, saat itu transportasi air dan udara masih terbatas fungsi dan cata kerjanya, Kids. Tetapi dengan kebutuhan manusia yang terus berkembang, transportasi air dan udara juga terus berkembang dengan teknologi canggih.

Hal ini bertujuan agar kebutuhan manusia bisa dipenuhi dengan semakin majunya alat transportasi. Agar kamu lebih memahaminya lagi, kamu dapat melakukan perbandingan antara transportasi air dan udara.

Contoh Soal dan JawabanBaca Juga: Apa Saja Dampak Modernisasi pada Alat Transportasi Air dan Udara? Kelas 6 SD Tema 9

1. Lakukanlah perbandingan alat transportasi air dan udara yang ada di zaman dulu dan sekarang! Jawab: Transportasi air sebelum adanya modernisasi -Tenaga penggerak: angin dan manusia. - Fungsi: untuk mengangkut barang-barang, manusia, hewan dan untuk mencari ikan. - Contoh transportasinya: perahu dayung, perahu layar dan rakit. Transportasi air setelah modernisasi - Tenaga penggerak: mesin dengan bahan bakar. - Fungsi: untuk mengangkut barang-barang, mencari ikan, alat persenjataan dan manusia.Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 9, Modernisasi Alat Transportasi Udara Berbahan Bakar Energi Surya

- Contoh transportasinya: perahu motor, kapal perang, kapal feri, yacht, kapan selan dan kapal khusus penangkap ikan. Transportasi udara sebelum adanya modernisasi - Tenaga penggerak: balon udara karena zaman dulu manusia belum membuat transportasi udara. - Fungsi: untuk mengangkut manusia namun sekarang tujuannya untuk wisata. - Contohnya: balon udara dan zeppelin. Transportasi udara setelah ada modernisasi - Tenaga penggerak: mesin dengan bahan bakar. - Fungsi: dapat mengangkut barang, hewan, alat persenjataan dan juga mengangkut manusia.

- Contohnya: pesawat, pesawat tempur dan helikopter.

Baca Juga: Materi PJOK Kelas 6 SD: Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Aktivitas Gerak Berirama

Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 yaitu mencari jawaban tentang perbedaan antara alat transportasi air dan udara di zaman dulu dan setelah modernisasi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Teks Bacaan 'Dampak Persatuan dan Kesatuan terhadap Diri Sendiri', Kelas 6 SD

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.