Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 9, Modernisasi Alat Transportasi Udara Berbahan Bakar Energi Surya

(Ilustrasi) kunci jawaban modernisasi alat transportasi berbahan bakar energi surya, kelas 6 SD tema 9.

GridKids.id - Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari materi tematik kelas 6 SD tema 9 yaitu tentang modernisasi alat transportasi manusia.

Di materi sebelumnya kita juga sudah pernah membahas alat transportasi.

Jika kamu melihat di sekitar, pasti ada alat transportasi yang lebih modern dan cepat sesuai dengan kebutuhan. Tahukah kamu, bahwa dulunya alat trasnportasi manusia digerakan oleh tenaga hewan dan manusia, lo. Seiring perkembangan zaman, alat transportasi hanya perlu membutuhkan bahan bakar. Tetapi, bahan alat transportasi modern jika terus digunakan akan kian menipis pasokannya. Maka dari itu, manusia terus mengembangkan bahan bakar alternatif yang dapat diperbarui seperti energi matahari. Enggak hanya itu saja, ilmu pengetahuan dan teknologi juga memberi kesempatan untuk manusia menjelajahi luar angkasa. Penjelajahan ke luar angkasa dilakukan agar manusia dapat mengetahui lebih banyak tentang kehidupan di luar bumi.Baca Juga: Materi PJOK Kelas 6 SD: Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Aktivitas Gerak Berirama

Nah, enggak hanya alat transportasi darat saja ya, Kids.

Transportasi udara juga mengalami moderniasasi yang terus berkembang. Salah satu hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi transportasi udara yaitu manusia dapat membuat transportasi udara dengan menggunakan bahan bakar alternatif. Transportasi udara yang dikembangkan dengan energi alternatif, untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dan pencemaran lingkungan. Penemu balon, Betrand Piccard bekerja sama dengan perusahaan dari Swiss untuk melakukan uji coba dalam membuat pesawat berbahan bakar energi matahari. Pesawat ini rentangnya dibuat lebar sekitar 72 meter agar panel surya di atasnya bisa mengumpulkan banyak energi matahari.

Pesawat ini digunakan untuk melakukan misi keliling dunia secara bertahap. Pada April 2016, pesawat tiba di California, Amerika Serikat pada tahap 9 dari seluruh perjalanan mulai dari Maret 2015. Kamu dapat mengerjakan soal pertanyaan berikut agar kamu semakin memahami isi materi di atas!Baca Juga: Kunci Jawaban Teks Bacaan 'Dampak Persatuan dan Kesatuan terhadap Diri Sendiri', Kelas 6 SD

Contoh Soal 1. Mengapa manusia ingin menemukan pesawat terbang dengan bahan bakar energi surya? Jawab: Karena bahan bakar fosil persediannya makin menipis, terbatas dan juga dapat mencemari lingkungan.

Maka dari itu, manusia terus memanfaatkan bahan bakar dengan energi matahari yang lebih ramah lingkungan dan bisa terus diperbarui. 2. Apa keunggulan pesawat terbang berbahan bakar energi surya?

Jawab: Keunggulannya yaitu pesawat berbahan energi matahari jadi jauh lebih ramah pada lingkungan dibanding yang berbahan bakar fosil. Sehingga, manusia enggak perlu khawatir lagi dengan pencemaran lingkungan. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD trma 9 tentang modernisasi alat transportasi manusia serta dengan kunci jawabannya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Wisata Batik Trusmi', Kelas 6 SD Tema 9

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.