Find Us On Social Media :

Materi PJOK Kelas 6 SD: Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Aktivitas Gerak Berirama

Materi PJOK kelas 6 SD, variasi dan kombinasi gerak dasar dalam aktivitas gerak berirama serta contoh soalnya.

 

GridKids.id - Kids, kali ini kamu akan mempelajari materi PJOK kelas 6 SD tepatnya di halaman 149. Materinya membahas tentang variasi dan kombinasi gerak dasar dalam aktivitas gerak berirama. Gerakan senam yang diiringi dengan irama musik disebut dengan gerak berirama yamg berfokus pada gerakan langkah kaki dan ayunan lengan. Jika diiringi dengan irama, gerakan senam akan jadi lebih indah karena dapat menyesuaikan alunan iramanya. Gerakan dalam gerak senam irama dapat memengaruhi saraf yang berfungsi sebagai gerakan motorik.

Gerak berirama secara teratur juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lo.

Nah, kamu juga bisa langsung mengerjakan soal serta membaca pembahasannya seperti berikut ini! Contoh Soal dan Jawaban 1. Coba jelaskan apa saja tahapan dalam melakukan variasi mengayunkan lengan ke depan kombinasi jalan!Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Wisata Batik Trusmi', Kelas 6 SD Tema 9

Jawab:

- Posisi awal berdiri tegak dengan posisi kaki tertutup dan posisi tangan ada di samping badan. - Ayunkan lengan kanan ke depan dan lengan kiri ke belakang. Lakukan dengan cara bergantian. - Posisi kaki kita juga harus bergerak dengan melakukan jalan di tempat. - Selain lengan bergerak ke depan dan belakang secara bergantian, posisi kaki kita juga harus bergerak dengan melakukan jalan di tempat.  2. Bagaimana cara melakukan variasi mendorong lengan ke depan dengan kombinasi jalan? Jawab: - Pastikan posisi badan berdiri tegak dan kaki merapat, lalu letakkan kedua lengan di samping badan. - Ayunkan kedua lengan bergantian ke depan dan belakang.Baca Juga: Dampak Modernisasi pada Transportasi Darat dalam Kehidupan Sehari-hari, Kelas 6 SD

- Selama mengayunkan lengak, kedua kaki harus melakukan gerakan jalan di tempat. Pastikan kedua lutut menekuk dan telapak kaki sedikit berjinjit. 3. Apa tujuan dari variasi gerak langkah ke samping kanan atau kiri dengan kombinasi ayunan lengan? Jawab: Tujuannya adalah untuk melakukan gerakan lokomotor dan nonlokomotor.

Dengan begitu, kita dapat meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuh. 4. Bagaimana cara melakukan langkah kaki dengan kombinasi mendorong lengan? Jawab: - Posisi awal yaitu berdiri tegak dan bukalah kaki selebar bahu.

- Kita dapat melangkahkan kaki ke delan dan belakang. Lengan juga bisa bergerak mengikuti langkah kaki dengan menekuk dan membentuk siku. Baca Juga: Kunci Jawaban Teks Informasi 'Modernisasi Teknologi Transportasi', Kelas 6 SD Tema 9

- Gerakan lengan secara bergantian ke depan dan menekuknya ke samping badan. Itulah pembahasan materi PJOK kelas 6 SD tentang variasi dan kombinasi gerak dasar dalam aktivitas gerak berirama serta contoh soalnya.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis dan Unsur-Unsur pada Peta, Materi Kelas 6 SD

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.