Find Us On Social Media :

Dampak Modernisasi pada Transportasi Darat dalam Kehidupan Sehari-hari, Kelas 6 SD

Dampak Modernisasi pada Transportasi Darat dalam Kehidupan Sehari-hari, Kelas 6 SD Tema 9

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 kali ini tentang transportasi darat.

Transportasi digunakan manusia sebagai kendaraan untuk aktivitas sehari-hari. Dengan adanya transportasi dapat memudahkan manusia untuk mencapai perjalanan atau tujuannya. Nah, ada berbagai macam transportasi termasuk transportasi darat. Apakah kamu tahu apa itu transportasi darat, Kids? Transportasi darat merupakan alat transportasi yanh digunakan untuk mengangkut barang dan manusia.

Transportasi darat dapat berupa mobil, sepeda, motor, bus, kereta dan lainnya.

Dari semua transportasi darat yang ada, yang mana saja kamu gunakan? Adanya transportasi ini dapat menghemat waktu manusia dan dapat makukan mobilitas secara tepat.Baca Juga: Kunci Jawaban Teks Informasi 'Modernisasi Teknologi Transportasi', Kelas 6 SD Tema 9

Seiring perkembangan zaman, transportasi mengalami kemajuan baik dari mesin, model, dan bahan bakar.

Kemajuan alat transportasi inilah yang dinamakan modernisasi transportasi darat. Walau begitu, saat melakukan modernisasi alat transportasi darat, akan muncul dampak positif dan negatifnya. Dampaknya bisa berdampak pada masyarakat maupun lingkungan di sekitarmu.

Maka dari itu, ajaklah teman-temanmu berdiskusi lalu kerjakan soal di bawah ini! Soal dan Jawaban 1. Sebutkan apa saja dampak dari modernisasi sistem transportasi darat? Jawab: Dampak positif terhadap lingkungan, yaitu:Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis dan Unsur-Unsur pada Peta, Materi Kelas 6 SD

- Dapat memudahkan serta mempercepat mobilisasi manusia dan barang. - Membuka usaha dan kesempatan kerja baru.

- Biaya lebih terjangkau jika menggunakan transportasi umum. Dampak negatif pada kehidupan masyarakat, yaitu: - Menimbulkan kemacetan. - Membuat polusi udara. - Timbulnya kejahatan di jalanan. Dampak positif terhadap lingkungan, yaitu: - Lingkungan jadi mudah ditata rapi dan memudahkan transportasi untuk jalan.Baca Juga: Materi Kelas 6 SD Tema 8: Apa Penyebab Terjadinya Perbedaan Waktu?

- Pembangunan prasarana jalan dapat memudahkan pengendara transportasi darat. Dampak negatif terhadap lingkungan, yaitu: - Membuat polusi lingkungan dengan karbon monoksida dan karbon dioksida.

- Kurangnya tumbuhan hijau yang terus ditebang untuk pembuatan jalan. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 tentang dampak modernisasi pada transportasi darat yang digunakan sehari-hari.

Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 Tema 7: Unsur-Unsur dalam Teks Pidato

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.