Find Us On Social Media :

Contoh Kalimat Tanya Mengapa dan Jawabannya, Materi Kelas 6 SD

Contoh-contoh kalimat tanya mengapa dan jawabannya, materi kelas 6 SD

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita akan membahas tentang contoh-contoh kalimat tanya mengapa dan jawabannya.

Di dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti banyak melakukan obrolan dan menimbulkan kalimat tanya. Yap, dari pertanyaan tersebut pasti seseorang mengharapkan suatu jawaban dari lawan bicaranya. Pertanyaannya bisa dalam bentuk tulisan maupun langsung dilontarkan begitu saja.

Kalimat tanya yang dilontarkan biasa langsung mengharapkan respons dari pendengarnya. Lalu, apa itu kalimat tanya? Pengertian Kalimat Tanya Kalimat tanya atau kalimat interogatif merupakan bentuk dari verba atau kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah pertanyaan. Kalimat tanya juga merupakan salah satu jenis kalimat bahasa Indonesia yang memiliki ciri-ciri tertentu.

Baca Juga: Cara Menyimpulkan Isi Teks Bacaan serta Contohnya, Materi Kelas 6 SD

Ciri-Ciri Kalimat Tanya

Adapun ciri-ciri dari kalimat tanya, yaitu:1. Berintonasi tanya.

2. Berstruktur sintatik kalimat tanya (gunakan kata tanya, partikel tanya, pembalikan urutan). 3. Berdistribusi tanya. Kata tanya mengapa memiliki dua gungsi yaitu menanyakan perbuatan dan menanyakan sebab. Lalu, apa saja contoh kalimat tanya? Contoh Kalimat Tanya dan Jawabannya Berikut adalah contoh-contoh dari kalimat tanya serta jawabannya: Baca Juga: 5 Negara yang Memiliki Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Kelas 6 SD

Contoh 1: - Kalimat tanya: Mengapa kamu tertawa? - Jawaban: Sebab aku teringat kejadian lucu ketika aku kecil. Contoh 2: - Kalimat tanya: Mengapa ibu sering marah-marah? - Jawaban: Ibu sering marah karena kamu tidak mau menurut. Contoh 3: - Kalimat tanya: Mengapa air laut asin? - Jawaban: Karena laut mengandung garam. Baca Juga: 5 Negara yang Memiliki Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Kelas 6 SD

Contoh 4: - Kalimat tanya: Mengapa kita harus tetap berbuat baik kepada orang lain walaupun orang itu telah menyakiti kita? - Jawaban: Sebab kita harus menunjukkan bahwa kita lebih baik dari mereka. Pemaafan membuat kita kuat dan menghindari kita dari perbuatan buruk. Contoh 5: - Kalimat tanya: Jika menabung itu baik, mengapa pemerintah meminta kita berbelanja? - Jawaban: Menabung baik untuk keuntungan diri sendiri. Namun secara keseluruhan, perekonomian bisa berjalan karena ada perputaran uang. Contoh 6: - Kalimat tanya: Mengapa manusia tidak punya ekor? - Jawaban: Ekor muncul karena perlunya menyeimbangkan tubuh. Manusia sudah berdiri tegak dengan dua kaki dan seimbang sehingga tidak membutuhkan ekor. Baca Juga: Penjelasan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Materi Kelas 6 SD

Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD yang membahas tentang contoh-contoh kalimat tanya mengapa dan jawabannya.

Baca Juga: Apa Saja Dampak dari Penemuan Galileo Galilei pada Kehidupan Manusia? Kelas 6 SD

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.