Find Us On Social Media :

3 Cara Melestarikan Budaya Indonesia di Era Modernisasi

Cara Melestarikan Kebudayaan Indonesia

 

GridKids.id - Kids, seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali suku dan budayanya yang harus dilestarikan. Keberagaman suku dan budaya ini akan menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia. Ada berbagai macam bentuk budaya daerah yang menjadi akar budaya nasional. Jika budaya kita terus berkembang, budaya nasional juga akan ikut berkembang. Adapun beberapa sikap saling menghargai budaya orang lain, yaitu: 1. Melihat pertunjukan pentas seni budaya daerah lain. 2. Belajar tentang budaya daerah lain. 3. Menghindari sikap kedaerahan.

4. Enggak mengganggu budaya lain atau merendahkannya.

Baca Juga: Mengenal 8 Unsur-Unsur Kebudayaan Universal, Materi Sosiologi Kelas 10

Lalu, bagaimana cara melestarikan budaya Indonesia? Kebudayaan memegang peran penting dalam majukan bangsa Indonesia. Maka dari itu, sebagai orang Indonesia yang baik, kita perlu mengetahui bagaimana cara melestarikan budaya seperti berikut ini: 1. Mengajarkan budaya ke orang lain Jangan menyimpan kekayaan budaya diri sendiri hanya untuk kita sendiri. Kita perlu mengajarkan budaya kita pada orang lain. Hal ini akan berdampak positif bagi budaya kita karena akan semakin banyak orang yang tahu tentang budaya daerah kita maupun daerah lain. Semakin banyak pengetahuan budaya yang dimiliki, maka akan semakin besar juga rasa kita untuk saling menghormati budaya orang lain. 2. Tak terpengaruh budaya asing Untuk melestarikan budaya sendiri, sebaiknya kita enggak perlu terpengaruh dengan budaya negara lain.Baca Juga: Pengertian Budaya: Ciri-Ciri dan Fungsi, Materi Sosiologi Kelas 10 SMA

Banyaknya budaya asing yang masuk di era globalisasi ini, harusnya menjadi peluang untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Walau budaya asing diniliai lebih modern, namun budaya Indonesia juga enggak kalah bagusnya untuk diperkenalkan. Selain enggak terpengaruh pada budaya asing, sebaiknya kita harus memilah budaya asing untuk dipelajari. Kita boleh mempelajari budaya asing namun harus dengan cermat. Kita harus mengambil sisi positif yang dapat mengembangkan diri kita tanpa menghilangkan jati diri kebudayaan sendiri. 3. Memperkenalkan budaya Indonesia pada negara lain Kita juga patut memperkenalkan budaya sendiri di dalam negeri maupun ke luar negeri, apalagi kini kita telah hidup di era serba teknologi canggih. Kita dapat memanfaatkan media sosial untuk mengunggah foto atau video kesenian budaya Indonesia yang dapat dilihat oleh semua orang termasuk orang luar negeri. Memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri juga bisa menggunakan pakaian-pakaian yang mencerminkan budaya Indonesia. Nah, itu dia pembahasan tentang bagaimana cara melestarikan kebudayaan Indonesia yang patut kita lestarikan sebagai generasi penerus bangsa.

Baca Juga: Kaya Akan Kebudayaan, Ini 25 Nama Tarian Daerah di Indonesia dan Asalnya

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.