Find Us On Social Media :

Mengapa Kucing Suka Memburu Tikus? Ini Alasannya #AkuBacaAkuTahu

Ternyata ada alasan di balik kucing yang suka berburu tikus, simak penjelasannya!

 

GridKids.id - Siapa yang punya kucing peliharaan di rumah? Apakah kamu suka memerhatikan tingkah laku kucingmu? Biasanya, kucing dikenal selalu bermusuhan dengan tikus yang telah dipercaya sejak dulu. Maka enggak heran jika kita sering melihat kucing di rumah yang suka menangkap dan memburu tikus. Kucing ternyata suka membasmi hama seperti tikus sejak zaman dahulu, lo. Lalu, mengapa kucing sangat suka memburu tikus, ya? Kucing ternyata sejak dulu sudah tertarik pada tikus karena kucing merupakan hewan pemburu dan tikus adalah target yang mudah didapatkan. Tikus berukuran jauh lebih kecil dibanding kucing yang berukuran besar sehingga tikus akan mudah ditaklukkan dengan menggunakan kuku dan mulut kucing. Kucing juga suka bermain dan menyenangi tikus yang suka melakukan gerakan mendadak dan tak terduga. Berburu tikus dapat memenuhi kebutuhan kucing dalam berburu mangsa dan bermain.Baca Juga: Hindari Menggendong Anak Kucing Seperti Induknya, Ini Alasannya #AkuBacaAkuTahu

Walau begitu, enggak semua kucing domestik menyukai berburu tikus, Kids. Ada beberapa kucing yang tak begitu menyukai berburu tikus dan bahkan ada yang enggak peduli jika tikus lewat di sekitar mereka.

Ternyata kucing memiliki dua jenis perilaku yang berdasarkan insting dan perilaku berkembang lewat lingkungan. Insting merupakan perilaku yang diturunkan sedari lahir tanpa adanya faktor eksternal. Misalnya, saat bagi kucing baru lahir dan selepas keluar dari rahim induknya langsung mencari puting susu dan menyusu. Bayi kucing enggak perlu diajari bagaimana cara menyusu tetapi ada beberapa perilakunya yang tak berkembang secara alami sedari lahir. Perilaku ini didapatkan dari hasil mengamati, belajar dan meniru apa yang ada di lingkungannya dan pastinya membutuhkan pengalaman dan waktu. Beberapa perilaku kucing ini enggak bisa dijelaskan secara jelas apakah hasil dari insting atau karena mengamati lingkungan di sekitarnya seperti berburu tikus. Saat perilaku berburu tikus digolongkan ke dalam perilaku insting, nyatanya enggak semua kucing rumahan mau tergugah untuk mengejar tikus.

Baca Juga: Kucing Suka Mencakar Sofa dan Furnitur Lain? Pakai 4 Trik Ini untuk Mencegahnya

Ada dua kemungkinan yang dapat mendasari kucing yang enggak mau berburu tikus. Entah karena kucing kehilangan program genetiknya atau kucing memiliki perilaku tersebut karena belajar dari lingkungan sekitarnya. Jadi, mau atau enggaknya kucing yang ingin memburu tikus tergantung dari cara dibesarkan oleh induknya.

Jika induknya senang berburu, maka anak-anaknya juga akan tumbuh menjadi pemburu yang handal. Itulah alasan mengapa kucing suka berburu tikus yang dijadikan sebagai mangsanya.

Walau begitu, ternyata ada juga beberapa kucing yang enggak menyukai tikus.

Baca Juga: Punya Tubuh Besar dan Bulu Eksotis, Kucing Unik Ini Sita Perhatian Cat Lovers di Seluruh Dunia

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.