Find Us On Social Media :

Sering Alami Cegukan? Inilah 7 Cara Ampuh untuk Menghilangkannya

Penyebab Cegukan serta Cara Menghilangkannya

GridKids.id - Kids, apakah kamu pernah mengalami cegukan?

Hampir semua orang pasti pernah mengalami cegukan yang cukup mengganggu.

Walau bukan hal yang serius namun kondisi ini jhga dapat mengganggu aktivitas kita.

Nah, kali ini GridKids akan membagikan beberapa cara menghilangkan cegukan yang dapat kamu lakukan.Secara alami, cegukan sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya namun butuh waktu beberapa saat.Ada berbagai macam cegukan yang kerap terjadi tanpa disadari.Yuk, langsung saja kita cari tahu apa penyebab dan cara menghilangkan cegukan di sini!

Apa penyebab cegukan?

Cegukan terjadi tanpa disadari saat diafragma mengalami kejang.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Cegukan yang Efektif dengan Bahan Alami

Diafragma merupakan otot yang membantu pernapasan tubuh. Saat kejang dan menarik napas, pita suara akan menutup sehingga terjadilah cegukan.Cegukan dapat mengganggu kinerja normal tubuh dan juga aktivitas sehari-hari.

Enggak hanya terjadi pada orang dewasa saja, cegukan juga dialami oleh bayi yang ditandai dengan suara chik.Hal ini terjadi saat membran otot memisahkan rongga dada dan rongga perut dan mengalami konstraksi.Konstraksi terjadi pada organ memiliki peran penting dalam pernapasan tersebut dan mengakibatkan pita suara menutup tiba-tiba yang menyebabkan suara cegukan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan cegukan?Adapun beberapa cara untuk menghilangkan cegukan, yaitu:1. Lakukan pernapasan secara terukur dengan menarik napas perlahan selama lima hitungan dan keluarkan dengan lima hitungan.2. Tarik napas dalam lalu tahan napas selama 10 detik dan tarik napas secara perlahan. Ulangi hal ini selama tiga atau empat kali.

Baca Juga: Enggak Perlu Khawatir Batal, Inilah 6 Cara Efektif Atasi Cegukan saat Puasa

3. Tarik napas ke dalam kantong kertas, tempatkan mulut dan hidung ke kantong kertas yang sudah mengembang. Perlahan-lahan bernapas sampai kantong kembang kempis.4. Duduk di tempat yang nyaman lalu peluk lutut dan bawa lutut ke dada dan tahan dalam posisi yang sama selama dua menit.5. Embuskan napas sambil mencubit hidung dan menutup mulut selama beberapa saat, hal ini diulangi beberapa kali.6. Tutup hidung dengan rapat sambil menelan ludah.7. Gunakan ibu jari untuk menekan dan memeras telapak tanganmu di sebelah.Nah, itulah penyebab dan beberapa cara menghilangkan cegukan yang dapat kamu lakukan saat mengalami cegukan.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ternyata Cegukan Bisa Jadi Tanda Adanya Gangguan Kesehatan

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.