Find Us On Social Media :

Ketahui Sejak Dini, Ini 4 Tanda Liver Bermasalah yang Tak Boleh Diabaikan

(Ilustrasi) Tanda-Tanda Liver Bermasalah

 

GridKids.id - Kids, seperti yang kita tahu bahwa menjaga kesehatan tubuh sangat penting bagi manusia. Termasuk hati atau liver yang memiliki fungsi untuk membersihkan racun dan membersihkan pencernaan kita. Hati yang bermasalah dan enggak dijaga kesehatannya akan menimbulkan jaringan parut. Hal inilah yang bisa menyebabkan gagal organ liver hingga berakibat fatal. Untuk itu, sebaiknya kamu segera mencegahnya agar hati tetap sehat dengan pola hidup yang baik. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui apa saja tanda-tanda liver saat bermasalah agar segera bisa ditangani.

Yuk, kita simak penjelasan berikut ini! Tanda-Tanda Liver Bermasalah Adapun beberapa tanda liver atau hati bermasalah yang perlu diketahui, yaitu:Baca Juga: 10 Tanda Liver Bermasalah yang Harus Diketahui Sebelum Semakin Parah

1. Penyakit Kuning Penyakit kuning ditandai dengan urine yang lebih gelap dan muncul warna kekuningan pada kulit di bagian putih mata. Hal ini terjadi saat bilirubin atau pigmen terbentuk saat sel darah merah rusak dan menumpuk di aliran darah. Hati yang sehat akan menyerap bilirubin dan mengubahnya jadi empedu lalu akan mengeluarkan tinja. 2. Retensi Cairan Retensi cairan merupakan tanda yang paling umum dari penyakit liver. Akumulasi cairan ini dapat menyebabkan distensi perut atau pembengkakan di kaki. Hal ini akan terjadi saat tekanan darah tinggi mulai berkembang di pembuluh darah lever. Liver yang tak bisa membuat albumin yaitu protein yang mencegah kebocoran dari aliran darah ke jaringan, akan memicu adanya retensi cairan. Baca Juga: Enak dan Sehat, Inilah Buah yang Cocok Dikonsumsi untuk Penyandang Liver

3. Kebingungan Saat hati enggak bisa menyaring racun, racun bisa saja menyebar ke otak. Kondisi ini juga dikenal dengan ensefalopati hepatik yang menyebabkan kebingungan, lesu dan koma. 4. Pendarahan Hati biasanya akan menyirkulasikan 25 persen darah dark vena portal. Jika terjadi kerusakan pada hati, akan bisa memicu pendarahan. Darah tersebut akan muncul saat muntah atau buang air besar. Liver yang sehat bisa menghasilkan protein pembeku darah dan jika terjadi masalah pada hati, akan memicu pendarahan.

Jumlah trombosit yang rendah akan lebih rentan terhadap mimisan dan gusi berdarah.

Nah, itulah beberapa tanda liver atau hati yang bermasalah, salah satunya penyakit kuning.

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ternyata Ini 4 Makanan yang Membahayakan Liver 

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.