Find Us On Social Media :

Cara Upload Video HD ke YouTube dengan Mudah untuk Para Pemula

Cara Upload Video HD ke YouTube

GridKids.id - Pada pembahasan artikel kali ini GridKids akan membagikan cara upload video HD ke YouTube.

Apakah di antara kamu ada yang punya kanal YouTube? YouTube menjadi salah satu platform yang populer dan banyak digunakan untuk menyalurkan kreativitas dan hobi. Namun bagi para pemula masih bingung dengan cara menggunggah video ke YouTube dengan hasil yang lebih jernih atau HD. Walau bisa diunggah lewat ponsel atau komputer dengan mudah, namum pengguna bisa menjaga resolusi video full HD dengan kualitas yang jernih tergantung dari koneksi jaringan internet. Jika jaringan internet buruk, maka akan sulit mengunggahnya ke kanal YouTube pengguna. Untuk itu, kamu perlu tahu bagaimana cara upload video HD ke YouTube agar orang yang menonton videomu jadi merasa lebih puas dengan kualitasnya. Yuk, langsung saja kita simak beberapa cara upload video HD ke YouTube berikut ini! Cara Upload Video HD ke YouTube

Baca Juga: Praktis, Ini Langkah-Langkah Upload Video Youtube Lewat Handphone

Adapun beberapa cara mengunggah video HD ke YouTube yang wajib diketahui oleh para pemula, seperti berikut ini:

1. Rekam video menggunakan resolusi HD atau 4K. 2. YouTube menyarankan perekaman video menggunakan salah satu resolusi HD seperti di bawah ini: - 720p: 1280 x 720 (HD) - 1080p: 1920 x 1080 (Full HD) - 1440p: 2560 x 1440 (Full HD) - 2160p: 3840 x 2160 (4K) - Jika ponselmu bisa merekam video HD, pengaturan bisa di settings dalam pengaturan kamera. 3. Gunakan frame rate yang tepat. Video harus dikodekan dan diunggaj dalam frame rate yang sama dengan saat kamu merekamnya. Frame rate biasa digunakan dengan 24, 25, 30, 48, 50, dan 60 fps (frame per second/bingkai per detik).Baca Juga: Cara Upload Video ke YouTube Melalui PC/Komputer, Sudah Tahu?

4. Pilik kodek audio AAC-LC dengan sample rate 48khz atau 96khz yang merupakan format audio yang disarankan video YouTube. YouTube juga mendukung kanal suara mono, stereo dan surround 5.1. 5. Gunakan kodek video H.264 yang paling umum untuk video HD. 6. Simpan video teraebut ke format yang didukung, YouTube menyarankan agar video diunggah menggunakan format MP4. YouTube juga mendukung semua format seperti MP4, MPEG4, MOV, AVI, FLV, dan WMV. 7. Buka YouTube melalui browser atau aplikasi di ponsel. 8. Klik ikon berbentuk kamera video yang tengahnya ada tanda (+). 9. Klik upload video dan klik select file. 10. Pilih video yang diinginkan lalu klik Open 11. Berikan judul video dan tambahkan deskriptif video. 12. Pilih thumbnail video.

Baca Juga: Belum Upload Video Sama Sekali, Subscriber Seleb Ini Membludak dan Langsung Dapat Silver Play Button

13. Tentukan apakah video untuk anak-anak atau bukan. 14. Unggah video dengan menyentuh Upload. Nah, itulah beberapa cara upload video HD ke YouTube yang cocok bagi para pemula yang baru memulai membuat konten dengan video yang lebih jernih.

Baca Juga: Sudah Berubah! Ria Ricis Ungkap Jarang Unggah Video di YouTube, Karena Hal Ini 

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.