Find Us On Social Media :

Keuntungan Letak Geografis Indonesia terhadap Kehidupan Bangsa

(Ilustrasi) Keuntungan Letak Geografis Indonesia

GridKids.id - Kids, pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang letak geografis Indonesia.

Tahukah kamu, bahwa Indonesia memiliki letak georgrafis yang sangat strategis. Hal inilah yang membuat Indonesia masuk ke dalam jalur pelayaran dan perdagangan. Dikutip dari Kompas.com dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, letak negara Indonesia dilihat dari dua sudut pandang. Dua sudut pandang tersebut yaitu letak dari segi astronomi dan geografis. Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera. Indonesia sendiri terletak di antara Benua Asia dam Benua Australia. Indonesia juga terletak di antara samudera Hindia dan samudera pasifik. Karena letak geografisnya itu, Indonesia dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur. Hal ini mengakibatkan Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Baca Juga: Jawaban Teks Bacaan Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat, Kelas 5 SD Tema 5

Lalu, apa keuntungan letak geografis Indonesia? Keuntungan Letak Geografis Indonesia Letak geografis yang strategis ini juga dapat memberikan keuntungan bagi negara Indonesia secara ekonomi, sosial dan budaya. Ada banyak pelayar dan pedagang yang melewati Indonesia untuk kebutuhan bisnis seperti Asia Timur, Eropa, Timur Tengah dan India. Enggak hanya itu saja, Indonesia juga menjadi jalur perdagangan antara Asia ke Australia dan Selandia Baru. Rute pelayaran utama pada jalur pelayaran di dunia adalah dengan menghubungkan Amerika Utara, Eropa dan Asia Pasifik melalui Terusan Suez, Selat Malaka dan Terusan Panama. Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia dan menjadi jalur perdagangan paling penting dan melayani pasar utama dunia. Secara geografis, Indonesia terletak di Benua Asia yang kini mengalami perkembangan ekonomi yang pesat.

Hal ini dikarenakan Indonesia yang memiliki jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia. Baca Juga: Negara yang Berbatasan Daratan dengan Indonesia, Kelas 5 SD Tema 5

Dampaknya, bangsa Indonesia bisa menjalin interaksi sosial dengan bangsa lain sejak lama. Selain interaksi di bidang perdagangan, keuntungan lainnya juga ada di bidang sosial dan budaya Indonesia. Nah, itu dia pembahasan tentang keuntungan letak geografis Indonesia dari segi perdagangan, bidang sosial, budaya dan ekonomi.

Baca Juga: Rangkuman Jawaban Kondisi Geografis Pulau-Pulau di Indonesia, Kelas 5 SD Tema 1 

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.