Find Us On Social Media :

Mengenal Ciri dan Karakteristik Anggota Tata Surya, Materi Kelas 6 SD

Ciri dan Karakteristik Anggota Tata Surya, Materi Kelas 6 SD

GridKids.id - Kids, pada materi tematik kelas 6 SD kali ini kita akan membahas tentang tata surya.

Tata surya merupakan matahari dan semua benda langit yang mengelilinginya. Nah, benda-benda langit mengitari matahari sesuai dengan sistem orbit karena adanya gaya gravitasi matahari. Tata surya terdiri dari berbagai benda langit yang terbuat dari gas dan batuan sehingga memiliki ukuran yang berbeda-beda. Yuk, kita simak anggota tata surya beserta karakteristiknya di sini! Ciri dan Karakteristik Anggota Tata Surya 1. Matahari Matahari merupakan bola gas raksasa yang jadi pusat di tata surya yang juga dikenal sebagai benda langit yang terbesar. Matahari berputar pada porosnya sendiri dan berotasi dari barat ke timur. Matahari memiliki panas yang dihantarkan sehingga membuat kehidupan di bumi.

Baca Juga: Pengertian Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Geragih dan Contohnya

2. Planet

Planet merupakan benda langit di dalam tata surya yang enggak memancarkan cahayanya sendiri. Planet beredar mengelilingi matahari dalam libtasan yang berbentuk elips disebut juga sebagai orbit. Perputaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi, sedangkan perputaran planet pada porosnya disebut rotasi.

3. Asteroid

Asteroid merupakan benda langit berupa batuan yang terletak di antara orbit planet Mars dan Jupiter, dan garis edar asteroid disebut dengan Sabuk Asteroid. Bedanya asteroid dengan planet ada pada ukurannya. Asteroid jauh lebih kecil dibanding planet. 4. Komet Komet merupakan benda langit berupa es padat yang mengelilingi matahari.Baca Juga: Contoh Kalimat Tanya Kapan dalam Kehidupan Sehari-hari, Kelas 6 SD

Sama halnya seperti planet, komet juga berputar mengelilingi matahari namun, orbit komet lebih lonjong dari orbit planet. Komet juga disebut sebagai bintang berekor karena saat mengorbit, komet menyemburkan gas bercahaya yang bisa kita lihat dari bumi. 5. Meteoroid Meteoroid merupakan kumpulan batu-batu kecil yang ada di tata surya dan berasal dari Sabuk Asteroid. Meteor ini bergerak mendekati bumi karena gaya gravitasi bumi. Biasanya juga disebut sebagai bintang jatuh. 6. Awan Oort Awan Oort merupakan awan yang berbentuk bola yang berada dinkeliling terluar tata surya. Awan Oort juga menjadi rumah bagi benda langit yang dingin, beku dan berasal dari masa lampau. Sebagian besar komet berasal dari Awam Oort. Ketika tertarik benda lain di tata surya, komet akan meninggalkan Awan Oort dan menuju benda yang menariknya. Baca Juga: Mengidentifikasi Cerita Fiksi 'Masih Ada Waktu, Arya!', Kelas 6 SD

7. Satelit

Satelit merupalan benda langit yang mengobit benda langit seperti planet. Selain revolusi terhadap planet, satelit juga berotasi pada porosnya. Satelit terbagi menjadi dua yaitu satelit alam dan satelit buatan contohnya seperti bulan dan satelit planet lain. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tentang anggota tata surya yang memiliki ciri dan karakteristiknya tersendiri.

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Kejujuran Wina', Kelas 6 SD Tema 9

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.