Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Kejujuran Wina', Kelas 6 SD Tema 9

Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Kejujuran Wina', Materi Kelas 6 SD Tema 9

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 kali ini kita akan membahas tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Seperti yang kita tahu bahwa sangat penting untuk mengingat kembali sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia untuk dijadikan sebagai semangat untuk tetap bersatu. Dengan terwujudnya rasa persatuan dan kesatuan kita dapat mencapai bersama cita-cita bangsa Indonesia. Maka dari itu, kamu harus menyimak teks bacaan cerita fiksi di bawah ini tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bagi masyarakat dan negara. Setelah itu, kamu bisa langsung mengerjakan soalnya, ya!

Teks Bacaan Cerita Fiksi 'Kejujuran Wina' Oleh Fransisca EmiliaMenjelang malam hari, di sebuah rumah di Banyumanik, Semarang, seorang siswa kelas enam SD, Wina, baru ingat kalau esok pagi harus mengumpulkan tugas menulis cerpen. Wina lalu mencoba mengerjakan tugas itu. Namun hanya beberapa kalimat yang berhasil ia selesaikan. Selanjutnya buntu.Pandangan Wina lalu tertuju pada tumpukan majalah di rak buku. Ada beberapa majalah tua koleksi ibunya. Wina tiba-tiba mendapat akal. Ia tahu di majalah itu ada kolom untuk anak-anak yang memuat cerita anak. Wina lalu memilih salah satu cerita. Ia menyalin cerita itu.Esok paginya di kelas, Wina segera mengumpulkan tugasnya kepada Boy, si ketua kelas. Tera teman sebangkunya lalu menyapa Wina. “Cerpenmu sudah selesai, Wina?”

Baca Juga: Mengidentifikasi Cerita Fiksi 'Proyek Rino', Materi Kelas 6 SD Tema 9

“Eeem..., Sudah, Tera,” jawab Wina ragu. “Aku menyalin dari majalah tua ibuku. Tapi jangan bilang siapa-siapa, ya?” bisik Wina.Tera terbelalak. “Lho? Itu namanya kamu jadi plagiator, Win!”“Plagiator?” Wina balik bertanya.

“Iya. Kamu mencontek karya orang lain, berarti kamu plagiator.”“Tapi, ini kan hanya untuk tugas sekolah,” kilah Wina.“Tetap saja plagiat, Win! Tidak baik!” tegas Tera.Bel masuk jam pelajaran pertama berbunyi. Wina tidak dapat berkonsentrasi sepanjang pelajaran. Ucapan Tera tentang plagiator tadi terus mengusiknya.

Saatnya Bu Indi memasuki kelas. Wina gemetar menahan degup jantungnya yang berdetak hebat. Bu Indi masuk kelas dengan membawa setumpuk kertas tugas menulis cerpen yang telah dikumpulkan melalui Boy, ketua kelas. Bu Indi memang meminta tugas dikumpulkan lebih awal agar beliau punya waktu untuk membaca dan memeriksa pekerjaan murid-muridnya.“Ibu sudah membaca certa-cerita kalian. Ada satu cerpen yang bagus sekali.” Bu Indi diam sejenak. “Wina, tolong maju dan bacakan cerpenmu, ya!”. 

Baca Juga: Gerak Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif dalam Permainan Bola Kasti, Kelas 6 SD

Wina terkejut. Ia lalu berjalan ke depan kelas dengan kepala tertunduk.Bu Indi menyerahkan kertas tugasnya. “Silakan dibaca.”  Wina tiba-tiba memberanikan diri berkata. “Maaf, Bu. Sebenarnya, cerpen ini bukan karya saya. Saya menyalinnya dari sebuah majalah lama.”Terdengar helaan napas Bu Indi. Ruang kelas mendadak senyap.“Baiklah. Kembalilah ke bangkumu, Wina,” kata Bu Indi.“Anak-anak, mengambil karya orang lain dan diakui sebagai milik sendiri itu namanya menjiplak atau plagiat. Itu perbuatan yang tidak baik,”kata Bu Indi.Wina menunduk semakin dalam. “Namun, Ibu juga menghargai kejujuran Wina. Butuh keberanian besar untuk mengakui kesalahan. Wina telah bersikap sportif. Namun Wina tetap harus mengumpulkan tugas cerpen buatan sendiri besok pagi.

Baca Juga: Bentuk Kepedulian Remaja Terhadap Lingkungan, Materi Kelas 6 SD

”Wina mendesah lega karena mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya. Ia berjanji akan mengumpulkan cerpen karyanya sendiri tepat waktu seperti yang diminta Bu Indi.Identifikasilah cerita fiksi di atas! 1. Judul cerita fiksi: Kejujuran Wina. 2. Tokoh utama: tokoh utamanya adalah Wina. 3. Watak tokoh utama: jujur dan bertanggung jawab. 4. Hal yang disukai dari tokoh utama: yaitu berani mengakui kesalahannya. 5. Hal yang mengejutkan dari cerita fiksi di atas: tokoh utama ternyata sangat berani mengakui kesalahannya. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 yaitu mengidentifikasi cerita fiksi berjudul 'Kejujuran Wina' beserta kunci jawabannya.

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Modernisasi Dalam Masyarakat, Kelas 6 SD Tema 9 

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.