Find Us On Social Media :

Jangan Panik, Begini Cara Menyelamatkan Hewan Peliharaan saat Bencana Alam Datang

Cara Menyelamatkan Hewan Peliharaan saat Bencana Alam Datang

GridKids.id - Kids, seperti yang diberitakan bahwa gempa bumi baru saja terjadi di Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Jumat 14 Januari 2022. Bencana alam ini tentunya membuat kita harus semakin waspada jika suatu saat terjadi lagi pada kita. Bencana alam juga bisa menimbulkan traumatik pada manusia dan juga bahkan pada hewan peliharaan. Selain efek traumatis pada hewan, risiko lainnya bisa berdampak seperti kehilangan hewan kesayangan yang mengharuskan kita untuk menyelamatkannya ke titik evakuasi. Lalu, apa saja tindakan dan cara untuk menyelamatkan hewan peliharaan dari bencana alam? Berikut adalah langkah-langkahnya, yaitu: 1. Buat rencana penyelamatan saat bencana Buatlah rencana penyelamatan diri saat bencana datang. Lihat kondisi tempat tinggal dan perkirakan bencana besar yang mungkin saja terjadi. Misalnya jika kamu tinggal di daerah dekat pantai atau sungai besar, bisa saja bencana alam terjadi seperti banjir.

Baca Juga: Pemilik Harus Tahu, Inilah 4 Fobia Umum yang Dapat Dialami oleh Anjing, Salah Satunya Suara

Amankan beberapa area yang bisa terendam banjir dari segala benda yang berhubungan dengan arus listrik agar hewan enggak terancam bahaya.

2. Siapkan kebutuhan hewan peliharaan

Siapkan satu tas yang berisi makanan untuk hewan peliharaan, kartu vaksin, riwayat medis, obat-obatan dan foto hewan peliharaan. Karena saat hewan dititipkan, mereka sudah memiliki segala kebutuhan yang diperlukan. 3. Selalu pasangkan kalung identitas hewan peliharaan Kalung kucing atau anjing sangat penting untuk mengetahui identitas mereka. Kalung juga sebaiknya dilengkapi dengan nama hewan peliharaan dan nomor telepon pemilik. Saat kamu terpisah dengan kesayanganmu, maka ada kemungkinan seseorang akan segera menghubungimu.

4. Siapkan tas atau kandang hewan peliharaan

Baca Juga: Tak Ditemukan pada Hewan Lainnya, 6 Kemampuan Unik Ini Hanya Dimiliki Anjing

Siapkan ransel atau kandang kecil hewan peliharaanmu dan juga tali kekang yang bisa digunakan saat kucing atau anjing berjalan. Karena jika ada bencana dan kamu berniat untuk menyelamatkan diri dan membawa hewanmu, kamu enggak akan kebingungan lagi mencari tas dan tali untuk membawanya. 5. Amankan rumah Jika bencana enggak membuatmu untuk terpaksa menyelamatkan diri keluar dari rumah, pastikan rumah dalam kondisi aman yang mana semua pintu dan jendela terkunci rapat.

Hewan peliharaan akan ketakutan dan bisa saja melarikan diri melalui lubang atau celah yang sempit. Itulah beberapa cara menyelamatkan peliharaan seperti kucing dan anjing saat bencana alam datang.

Baca Juga: Kenapa Kucing Suka Berputar-putar Sebelum Tidur? Ternyata Ini 3 Alasannya

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.