Find Us On Social Media :

Bentuk Kepedulian Remaja Terhadap Lingkungan, Materi Kelas 6 SD

Bentuk Kepedulian Remaja Terhadap Lingkungan, Materi Kelas 6 SD

GridKids.id - Materi tematik kelas 6 SD kali ini kita akan membahas tentang masa pubertas yang dialami oleh remaja.

Sebelumnya kita juga telah membahas tentang pubertas. Apakah kamu masih ingat apa itu pubertas? Pubertas merupakan masa yang ditandai dengan adanya perubahan hormon dan beberapa ciri fisik yang dialami oleh anak perempuan dan laki-laki. Masa remaja merupakan masa penyesuaian dari anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal biasanya masuk pada usia 10 hingga 12 tahun dan masa remaja berakhir pada usia 18 hingga 22 tahun. Pada perkembangan ini, anak remaja jadi lebih mandiri dan identitas dirinya sangat menonjol. Lalu, bagaimana cara menumbuhkan kepedulian remaja pada lingkungan? Salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan meningkatkan kepedulian lingkungan misalnya dengan kegiatan pecinta alam.

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Tetaplah Berada di Jalurmu!', Kelas 6 SD

Kegiatan pecinta alam bisa meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Adapun beberapa bentuk kepedulian remaja terhadap lingkungan, yaitu:

1. Pengadaan tempat buang sampah secara bersama-sama. 2. Melakukan kegiatan reboisasi di lahan gundul. 3. Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari. 4. Menanam pohon di sekitar pekarangan rumah. Dengan begitu, para generasi muda akan menjadi generasi yang cinta akan alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang berwawasan pada lingkungan. Kesadaran diri remaja akan pentingnya penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan di Indonesia akan lebih terlihat hijau, dipinggir jalan raya juga akan banyak terdapat pohon sehingga udara jadi lebih sejuk.

Baca Juga: Jenis-Jenis Cerita Fiksi yang Ada di Dalam Dongeng, Kelas 6 SD

Kesadaran remaja akan lingkungan ini biasa diawali dari lingkungan keluarga dan masyarakat di sekitarnya. Kepedulian remaja terhadap lingkungan sangat penting dalam menjaga kelestariannya. Pemanasan global dapat berdampak terhadap perubahan iklim atau cuaca ekstrim dan lain sebagainya. Sehingga partisipasi para remaja untuk peduli dengan lingkungan hidup sangat diharapkan. Remaja juga akan menjadi penggerak pembangunan bangsa yang akan berpengaruh positif bagi masyarakat untuk peduli dengan lingkungan. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD yaitu bentuk kepedulian remaja terhadap lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Karangan Fiksi 'Barisan yang Menyenangkan', Kelas 6 SD 

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.