Find Us On Social Media :

Jawab Pertanyaan Modernisasi Dalam Masyarakat, Kelas 6 SD Tema 9

Kunci Jawaban Modernisasi Dalam Masyarakat, Kelas 6 SD Tema 9

 

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 kali ini adalah tentang modernisasi dalam masyarakat.

Apakah kamu tahu apa itu modernisasi, Kids? Di era modern seperti ini kamu pasti merasakan banyak kemudahan dalam melakukan berbagai hal. Yap, seiring perkembangannya zaman manusia terus menemukan berbagai cara untuk mempermudah hidupnya. Teknologi menjadi salah satu upaya manusia untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup. Perubahan zaman juga menyebabkan kita untuk mengganti semua peralatan lama dan beralih ke yang lebih canggih. Nah, masyarakat saat ini disebut sebagai masyarakat modern sebagai hasil dari modernisasi. Agar kamu lebih memahaminya lagi, simak cerita pendek berikut ini lalu kerjakanlah soalnya. Pada halaman 27, subtema 1 tema 9, amatilah gambar-gambar tersebut lalu diskusikan dengan teman-temanmu dan jawab pertanyaan berikut ini!Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Fiksi 'Tetaplah Berada di Jalurmu!', Kelas 6 SD

Contoh Soal dan Jawaban 1. Sebutkan nama dan kegunaan benda-benda tersebut! Jawab:

- Kerbau dan traktor digunakan manusia untuk membajak sawah. - Mesin ketik dan laptop digunakan untuk menulis teks atau bekerja. - Setrika arang dan setrika listrik digunakan untuk menghaluskan dan marapihkan pakaian.  - Telepon rumah dan ponsel digunakan untuk berkomunikasi. 2. Coba jelaskan di mana kamu bisa menjumpai benda-benda tersebut? Jawab:

Baca Juga: Jenis-Jenis Cerita Fiksi yang Ada di Dalam Dongeng, Kelas 6 SD

- Kerbau dan traktor biasanya bisa ditemui di sawah. - Mesin ketik dan laptop dapat ditemui di rumah, kantor atau sekolah.

- Setrika arang dan setrika listrik ditemui di rumah.

- Telepon rumah dan ponsel dapat ditemui di mana saja. 3. Urutkan benda-benda tersebut dari yang paling sering ke yang paling jarang digunakan! Jawab: - Ponsel, laptop, setrika listrik, telepon rumah, kerbau, mesin ketik dan setrika arang. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 tentang modernisasi dalam masyarakat beserta kunci jawabannya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Karangan Fiksi 'Barisan yang Menyenangkan', Kelas 6 SD 

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.