Find Us On Social Media :

Jangan Abaikan Lagi, Kenali 4 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Ketahui Ada Beberapa Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

 

GridKids.id - Penyakit gagal ginjal ternyata dapat menyerang siapa saja termasuk anak muda.

Gagal ginjal juga merupakan kondisi kesehatan yang mana organ vitalnya terganggu karena enggak bisa membuang kelebihan air dan sisa limbah dari tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa ginjal memiliki peran penting di dalam tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Tahukah kamu, ada sektiar 200 liter darah yang dipompa dari jantung melalui ginjal setiap harinya. Organ vital ini akan menyaring kotoran, menjaga keseimbangan kimia dan cairan di dalam tubuh hingga membuang sisa kotorannya dalam bentuk urine. Enggak hanya itu saja, ginjal juga dapat membantu tekanan darah, produksi sel darah merah, kalsium dan mengontrol beberapa mineral penting. Adapun penyebab gagal ginjal pada orang dewasa berasal dari tekanan darah ringgi dan diabetes.

Sedangkan anak usia muda biasanya penyebabnya lebih beragam seperti berikut ini. 1. Penyakit ginjal karena turunan

Baca Juga: Kerap Diabaikan, Ketahui 6 Tanda Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

Anak muda bisa saja terkena gagal ginjal karena turunan dari keluarga. Yap, penyakit ginjal yang diwariskan dari orang tua kepada anaknya bisa lewat gen.

Penyakit ginjal turunan yang dialami dan menyebabkan adanya gagal ginjal pada anak muda adalah penyakit ginjal polikistik. Kista ini terbentuk di jaringan ginjal yang lambat laun akan makin membesar dan membuat ginjal bengkak. 2. Penyakit ginjal karena bawaan lahir

Adapun penyebab utama gagal ginjal di usia muda adalah karena penyakut ginjal yang sudah ada dari bawaan lahir. Penyakit ginjal bawaan lahir ini dapat memicu gagal ginjal seperti agenesis ginjal, displasia ginjal hingga ginjal ektopik. 3. Infeksi Penyebab gagal ginjal di usia muda juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang mudah menyerang organ vital.Baca Juga: Penting Dijaga, Inilah 4 Hal yang Baik Dilakukan untuk Kesehatan Ginjal

Infeksi bakteri Escherichia coli yang bersarang di saluran pencernaan terkadang membuat racunnya masuk ke aliran darah. Saat racun mudah masuk, sel darah merah dan lapisan pembuluh darah lainnya termasuk ginjal akan rusak sehingga memicu adanya gagal ginjal. Enggak hanya itu saja, infeksi bakteri streptococcus menjadi biang penyakit radang tenggorokan atau penyakit kulit yang menyebabkan produksi antibodi berlebihan pada tubuh. Jika enggak segera ditangani, penumpukkan antibodi pada ginjal karena infeksi dapat menyebabkan gagal ginjal di usia muda. 4. Trauma atau cedera Trauma atau cedera karena kekurangan cairan, kecelakaan, pendarahan hingga luka bakar dapat menyebabkan tekanan darah dan menurunkan aliran darah ke ginjal. Kurangnya aliran darah ke ginjal bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal akut di usia muda. Itu dia 4 penyebab gagal ginjal yang bisa menyerang usia kalangan muda, salah satunya karena keturunan dari gen keluarga.

Baca Juga: Jangan Sampai Gagal Ginjal Dulu, Ternyata Atasi Asam Urat Cukup Gunakan 5 Bahan Dapur Ini

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.