Find Us On Social Media :

Mengenal Perbedaan Teks Editorial dan Teks Berita dalam Jurnalistik

Teks berita dan teks editorial berbeda dalam segi argumentasi.

GridKids.id - Kids, setiap harinya kamu membaca teks berita yang dimuat secara online maupun dalam media tercetak.

Dengan membaca dan menyaksikan sebuah produk berita maka seseorang akan memeroleh informasi tentang hal-hal yang terjadi di sekitarnya atau di lingkungan yang jauh dari dirinya.

Dalam dunia jurnalistik dikenal beberapa produk seperti teks berita dan teks editorial.

Kali ini kamu akan diajak untuk memahami perbedaan dari dua jenis teks jurnalistik tersebut. Yuk, simak uraian perbedaannya di bawah ini, Kids.

1. Tujuan

Teks berita dituliskan dengan tujuan memberi informasi kepada para pembaca, informasi ini adalah kejadian atau isu yang memenuhi unsur sebuah berita.

Teks berita biasanya bersifat objektif dan enggak melibatkan opini dan pendapat penulisnya.

Karena jika seorang penulis memasukan pandangan pribadinya dalam tulisan atau berita yang dibuatnya maka akan menyalahi kode etik jurnalistik.

Sedangkan teks editorial berisikan sebuah pandangan atau pendapat redaksi atau seseorang terhadap suatu isu yang diperkuat dengan bukti atau data-data yang valid.

Baca Juga: Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Kaidah Kebahasaan

Teks editorial ini bertujuan memberi pandangan dan mengajak pembaca untuk membahas isu yang sedang berkembang di tengah masyarakat.

2. Struktur

Teks berita memiliki struktur yang dikenal dengan piramida terbalik, yang menunjukkan urutan dari judul, lead, dan isi berita.

Lead adalah sebuah pancingan berita serupa ringkasan isi berita, sehingga ketika membacanya orang akan tahu arah berita.

Sedangkan isi dari berita biasanya berisi lima unsur yaitu 5W+1H (what, when, where, who, why, dan how).

Dalam sebuah isi berita biasanya berisi penjelasan lengkap tentang info atau fakta yang ingin disampaikan.

Sedangkan teks editorial biasanya diawali oleh tesis atau pernyataan pendapat, yang dilanjutkan dengan sebuah argumentasi berisi bukti yang memperkuat tesis.

3. Kaidah bahasa

Kaidah bahasa yang digunakan dalam teks berita biasanya naratif karena tujuan utamanya adalah menyampaikan informasi sehingga harus singkat, padat, dan jelas.

Baca Juga: Teks Eksplanasi: Kaidah Kebahasaan dan Struktur serta Penjelasannya

Paragrafnya kebanyakan berupa paragraf deduktif, sehingga para pembacanya sudah bisa menangkap gagasan utama dari bagian awal paragrafnya.

Paragraf-paragraf lanjutannya berfungsi sebagai teks penjelas sebuah berita.

Sedangkan teks editorial memiliki kaidah bahasa yang argumentatif, seperti kata keterangan, kata penghubung, kata penunjuk peristiwa dan perbuatan fisik, verba relasional yang menunjuk pada hubungan, dan verba mental yang berkaitan dengan persepsi.

Letak perbedaan dua jenis teks ini terletak pada argumennya, dan biasanya kedua jenis teks ini diberi batasan yang jelas dalam rubrik yang berbeda.

Dengan begitu kita bisa mencermati rubrik mana yang kita baca untuk tahu apakah teks yang kita baca adalah teks berita atau teks editorial.

Baca Juga: Mengenal Reportase Jurnalistik: Pengertian, Teknik, dan Tahapannya

 

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.