Find Us On Social Media :

Benarkah Ada Laut di Bulan? Ternyata Ini Faktanya #AkuBacaAkuTahu

Segudang fakta menarik bulan yang membuat orang penasaran.

GridKids.id - Bulan yang bisa dilihat di malam hari ternyata memiliki sederet fakta mengejutkan. Hingga saat ini, bulan selalu menjadi daya tarik bagi para peneliti karena bulan mempunya banyak misteri yang bahkan belum terpecahkan. Ada banyak sekali pertanyaan yang muncul tentang bulan yang banyak membuat orang penasaran. Salah satunya, apa benar di bulan ada lautan? Jika kamu penasaran, yuk, cari tahu di sini sederet fakta menarik bulan! Fakta Menarik Bulan 1. Bulan bukan planet Tahukah kamu, bulan bukanlah sebuah planet karena bulan mengitari Bumi yang disebut sebagai satelit. Untuk menjadi planet, bulan harus mengitari matahari.

Baca Juga: 5 Fenomena Langit Januari 2022 yang Sayang Dilewatkan, Salah Satunya Bulan Purnama

2. Ukuran bulan sebesar kombinasi negara Rusia, Kanada dan Amerika Serikat Bulan memiliki seperempat ukuran Bumi yang berarti ukurannya cukup besar. Panjang keliling bulan adalah 10.921 km dan Bumi 40.075 km, luas permukaan bulan adalah 37.9 juta kilometer persegi yang mana ukurannya sama dengan kombinasi 3 negara yaitu Rusia, Kanada dan Amerika Serikat. 3. Sisi gelap bulan

Di Bumi, hanya ada sekitat 59% bagian bulan terlihat oleh kita. Nah, bulan sebenarnya berotasi dan tiap sisinya akan mendapat cahaya matahari. Namun, enggak semua bagian bulan yang mendapat cahaya matahari karena bulan berevolusi mengelilingi Bumi. 4. Apakah ada laut di bulan? Di bulan enggak ada lautan, Kids. Walau manusia mencari air di bulan, sampai saat ini belum ada yang bisa temukan. Di bulan hanya ada mare yaitu daratan basalt yang luas dan gelap di bulan yang dibentuk dari pembekuan banjir magma karena proses eruosi vulkanik purba pada beberapa miliar tahun yang lalu.

Baca Juga: Daftar Fenomena Gerhana yang Terjadi di 2022, Ada yang Bisa Disaksikan dari Indonesia

Dataran basalt ini mencakup 16% dari permukaan bulan dan sebagian besar berada di sisi bulan yang terlihat dari Bumi.

5. Bulan enggak punya gravitasi

Fakta menarik dari bulan adalah ternyata bulan enggak memiliki gravitasi. Jika kamu memiliki berat badan 45 kg di Bumi, maka beratmu di bulan hanya 7,6 kg saja. Artinya, kamu bisa melompat sejauh 3 meter di Bumi tetapi di bulan kamu bisa melompat sejauh 18 meter. 6. Apa gunung tertinggi di bulan? Jika di Bumi, gunung bisa diukur dengan cara mengukurnya dari atas permukaan laut.

Tetapi, karena enggak ada air di bulan, metode yang sama di Bumi enggak dapat diterapkan. Ada metode yang digunakan oleh ilmuwan dan setuju bahwa gunung tertinggi ukurannya di atas 5.000 meter. Mons Huygens dianggap sebagai gunung tertinggi di bulan. Itulah segudang fakta menarik tentang bulan yang membuat banyak orang penasaran, salah satunya apakah di bulan ada lautan?

Baca Juga: Fenomena Langit di Tahun 2022 dari Bulan Januari hingga Juni, Jangan Sampai Terlewat

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.