Find Us On Social Media :

Kerap Diabaikan, Ketahui 6 Tanda Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

Ketahui beberapa tanda-tanda gagal ginjal yang kerap diabaikan banyak orang.

GridKids.id - Seperti yang kita tahu bahwa ginjal merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh.

Ginjal berfungsi untuk membantu membuang limbah dan cairan ekstra yang ada di tubuh kita.

Jika ginjal bermasalah, maka seluruh sistem di dalam tubuh juga bisa terganggu. Salah satu masalah kesehatan yang dapat menurunkan fungsi ginjal adalah gagal ginjal. Gagal ginjal adalah suatu kondisi serius yang kerap diabaikan banyak orang karena banyak yang tak menyadari adanya penyakit ini. Jika terus dihindari, gagal ginjal akan terus bertambah parah dan harus segera diperiksakan ke dokter. Nah, untuk itu ada baiknya kita mencegahnya dan mengetahui apa saja tanda-tanda gagal ginjal seperti berikut ini. 1. Sering buang air kecil Jika kamu sering merasa buang kecil saat di malam hari, bisa jadi salah satu tanda dari penyakit ginjal. Saat filter ginjal rusak, hal ini bisa meningkatkan keinginan seseorang untuk buang air kecil.

Baca Juga: Penting Dijaga, Inilah 4 Hal yang Baik Dilakukan untuk Kesehatan Ginjal

2. Kaki bengkak

Penurunan fungsi ginjal juga bisa menyebabkan retensi natrium. Hal inilah yang menyebabkan pembengkakan pada kaki khususnya area pergelangan kaki. Pembengkakan kaki juga bisa menjadi salah satu tanda penyakit jantung, hati dan vena kaki kronis. 3. Kulit kering dan gatal

Ginjal memiliki fungsi untuk menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh dan membantu membuat sel darah merah. Selain itu, ginjal juga bantu menjaga tulang tetap kuat dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dari dalam darah. Saat ginjal bermasalah, mineral dan nutrisi di dalam darah bisa terganggu keseimbangannya sehingga membuat kulit jadi kering dan gatal.

4. Tekanan darah tinggi Ginjal juga membantu mengatur tekanan darah dengan melepaskan hormon. Ketika enggak dapat berfungsi, ginjal enggak bisa melakukan tugasnya dengan efektif yang mengakibatkan tekanan darah jadi naik.

Baca Juga: Jangan Sampai Gagal Ginjal Dulu, Ternyata Atasi Asam Urat Cukup Gunakan 5 Bahan Dapur Ini

5. Darah dalam urin Ginjal yang sehat mampu menjaga sel-sel darah tubuh saat menyaring limbah dari dalam darah untuk membuat urin. Tetapi saat filter ginjal telah rusak, sel-sel darah bisa langsung masuk ke dalam urin. Hal ini menandakan adanya penyakit ginjal, darah dalam urin juga bisa menjadi indikasi tumor dan batu ginjal. 6. Otot kram

Gangguan pada fungsi ginjal juga dapat memicu ketidakseimbangan elektrolit yang membuat otot jadi mudah kram. Nah, itu dia 6 tanda adanya gagal ginjal yang kerap diabaikan, padahal penting diketahui sejak dini sebelum semakin parah.

Baca Juga: Berdampak pada Kesehatan, Inilah 4 Pola Makan yang Perlu Diperhatikan bagi Penyandang Sakit Ginjal

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.