Find Us On Social Media :

Pidato Persuasif: Pengertian, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan

Pidato Persuasif: Pengertian, Struktur Teks dan Kaidah Kebahasaan

GridKids.id - Apakah kamu pernah mendengar pidato di sekolah, Kids? Pidato biasanya disampaikan oleh orang penting seperti kepala sekolah. Enggak hanya di sekolah saja, pidato sering disampaikan dalam acara-acara penting. Tujuan dari berpidato yaitu menyampaikan gagasan atau pendapat kepada khalayak. Selain itu, ada juga yang pidato persuasif yang memuat ajakan dan memengaruhi pendengarnya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang struktur teks pidato persuasif dan kaidah kebahasaannya. Yuk, kita simak di sini! Pengertian Pidato Persuasif Teks pidato persuasif adalah jenis persuasi yang memiliki tujuan untuk mengajak pembaca untuk melakukan hal yang disampaikan. Teks pidato persuasif bertujuan agar memengaruhi pilihan pendengar melalui penguatan, pengondisian atau tanggalan terhadap isu, konsep atau gagasan. Baca Juga: Menulis Pengalaman Berpidato, Isi Pidato hingga Rencana Perbaikan, Kelas 6 SD

Struktur teks pidato persuasif

Adapun 3 struktur teks pidato persuasif yang perlu diperhatikan dalam naskah pidato, yaitu: 1. Pembuka Pembuka biasanya berisi salam, penghormatan dan ucapan syukur. Penghormatan berupa ucapan hormat kepada tokoh-tokoh maupun hadirin di dalam suatu kegiatan. Urutan penyebutan penghormatan dimulai dari tokoh yang jabatannya paling tinggi hingga paling rendah. 2. Isi Bagian isi berisi tentang tujuan dan informasi penting yang ingin disampaikan. Bagiannya juga berisi informasi yang jelas dan rinci.

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Teks Bacaan 'Ibu RT, Sang Pemersatu', Kelas 6 SD

3. Penutup Penutup berisi harapan atau doa agar apa yang disampaikan bermanfaat bagi pendengar dan salam penutup.

Kaidah kebahasaan teks pidato persuasif Adapun kalimat yang mendominasi teks pidato persuasif, yaitu: 1. Kalimat saran Kalimat saran merupakan kalimat yang berisi usul yang bisa dipertimbangkan orang lain. Kalimat saran juga pada umumnya ditandai dengan penggunaan kata sebaiknya, seterusnya dan lain-lain. 2. Kalimat ajakan Kalimat ajakan berisi anjuran yang diikuti oleh pendengar. Kalimat ini bertujuan agar pendengar berbuat seperti yang dikehendaki pemberi pidato.

Baca Juga: Mengenal Pidato: Pengertian dan Ciri-Cirinya, Materi Kelas 6 SD

Kalimat ajakan ditandai dengan penggunaan kata mari, marilah, ayo, mohon, tolong dan sebagainya. 3. Kalimat arahan Kalimat arahan juga merupakan kalimat yang bertujuan untuk memberi petunjuk pada pembaca atau pendengar. Pada umumnya, kalimat arahan ditandai dengan penggunaan kata harus. Itulah pembahasan tentang pengertian, struktur teks pidato persuasif dan kaidah kebahasaannya.

Baca Juga: Hasil Sidang BPUPKI dan Pembahasannya untuk Kemerdekaan Indonesia

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.