Find Us On Social Media :

Jawab Pertanyaan Teks 'Benda Langit di Sekitar Kita', Kelas 6 SD

Jawab Pertanyaan Teks 'Benda Langit di Sekitar Kita', Materi Kelas 6 SD Tema 9.

GridKids.id - Kids, kali ini kita telah sampai pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9.

Nah, kita akan mempelajari tentang benda langit yang ada di sekitar kita. Tahukah kamu, bahwa alam semesta yang ada di skitar kita terbentuk dari berbagai macam zat dan gas. Kamu juga bisa langsung melihat pada langit di malam hari maupun siang hari. Adapun benda langit yang bisa kamu lihat dari jauh adalah bulan, matahari dan bintang. Selain itu, ternyata ada benda langit lainnya yang enggak bisa dilihat langsung. Agar kamu lebih mengetahuinya lagi, kamu harus menyimak penjelasan benda langit lewat teks bacaan. Setelah membaca teks bacaan, kamu juga bisa langsung mengerjakan soal dan jawabannya. Yuk, langsung saja kita simak di bawah ini!Baca Juga: Perubahan Apa yang Terjadi pada Masa Pubertas? Kelas 6 SD Tema 7

Teks Bacaan 'Benda Langit di Sekitar Kita'

Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak. Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet. Mari kita lihat lebih dekat sistem tata surya kita. Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.  Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian.Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Baca Juga: Menulis Pengalaman Berpidato, Isi Pidato hingga Rencana Perbaikan, Kelas 6 SD

Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh.

Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam, Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?Contoh Soal dan Jawaban 1. Apa nama planet yang terletak paling jauh dari Matahari? Jawab: Planet Merkurius.

2. Apa nama planet yang terletak paling dekat dengan Matahari? Jawab: Planet Merkurius. 3. Apa nama planet yang paling cepat mengalami revolusi? Mengapa? Jawab: Planet Neptunus karena planet ini paling jauh dari Matahari sehingga memilki lintasan orbit yang paling panjang. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 tentang mengenal benda langit beserta contoh soal dan jawabannya.

Baca Juga: Analisis Hubungan Kondisi Geografis dan Sosial Budaya Negara Singapura, Kelas 6 SD

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.