Find Us On Social Media :

Asal Muasal Lasagna, Sajian Pasta yang Kaya Rasa dari Italia

Lasagna merupakan salah satu sajian pasta yang disebut merupakan resep kuno yang berasal dari masa Yunani Kuno.

GridKids.id - Kids, jika kamu adalah salah satu penggemar kuliner pasta pasti sudah enggak asing dengan sajian yang satu ini. Yap, Lasagna!

Lasagna adalah sajian pasta isi sayur-sayuran, daging sapi, ayam atau seafood, yang dipanggang dalam oven.

Selain spagetti dan macaroni schotel, lasagna adalah salah satu sajian pasta yang cukup populer karena cita rasanya yang kaya dan lezat.

Sajian ini memiliki beberapa versi pendapat tentang asal-usul dan kemunculannya. Kuliner yang populer dari Italia ini disebut berasal dari kebudayaan Yunani kuno hingga berkembang di Inggris.

 

Lasagna yang kita kenal sekarang menggunakan banyak saus tomat, tapi tahukah kamu?

Lasagna pertama kali dibuat tanpa menggunakan saus tomat sama sekali. Penggunaan saus tomat merupakan kreasi masyarakat Italia setelah sajian ini mulai naik daun.

Selanjutnya kamu akan diajak mengenal beberapa pendapat tentang asal-usul dari sajian lasagna yang lezat. Yuk, Kids, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Sejarah Kuliner Taco, Street Food Meksiko yang Sedang Naik Daun

Asal-usul Lasagna

Versi pertama tentang asal-usul lasagna disebutkan berasal dari Yunani kuno. Hal ini ditunjukkan dengan sebutan lasagna yang dalam bahasa Yunani diterjemahkan sebagai roti rata tipis yang enggak beragi.

Pendapat lainnya menyebut lasagna berasal dari lasana atau lasanon yang berarti tatakan berkaki tiga dan ruang dalam panci.

Versi kedua datang dari Italia, masyarakat Roma juga menggunakan istilah lasanum yang artinya panci.

Hal ini merujuk pada alat yang diperlukan untuk membuat sajian lasagna ini.

Versi ketiga adalah lasagna berasal dari Inggris, pada sekitar abad ke-14 resep sajian ini ditemukan dalam sebuah buku resep masakan ketika masa pemerintahan Richard II.

Baca Juga: Menelusuri Sejarah Ravioli, Kuliner Pasta dengan Isian yang Lezat dari Italia

Lasagna dituliskan sebagai losyen dalam resep tersebut, namun hal ini menimbulkan banyak perdebatan. Banyak yang percaya sajian ini berasal dari negara Italia.

Lasagna memiliki banyak layer atau lapisan, itulah kenapa lasagna disebut sebagai bentuk majemuk untuk lasagne.

Nah, kids, itulah uraian singkat tentang salah satu sajian lasagna yang kaya rasa.

Perkembangan zaman memungkinan lazagna enggak hanya diisi oleh daging sapi giling, tapi juga bisa diisikan dengan daging ayam cincang atau seafood.

Selain itu, jika menginginkan cita rasa yang lebih pedas, ketika membuat lasagna saus tomat bisa diganti dengan saus sambal yang pastinya lebih cocok untuk lidah orang Indonesia.

Baca Juga: Jadi Menu Pesan Antar Paling Populer, Jjajangmyeon Ternyata Bukan Kuliner Asli Korea Selatan?

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.